Arab Akan Jadi Pusat Penyedia Energi Matahari

hajj1.jpg

TANAH Jazirah Arab Saudi tak hanya mengucurkan harta minyak melimpah, tapi negeri kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW itu memiliki potensi luar biasa dalam menyediakan energi matahari bagi dunia.

Arab Saudi selama ini dikenal menjadi negara eksportir minyak tanah terbesar di dunia. “Bagi negara seperti Arab Saudi, satu di antara energi yang paling penting untuk dikembangkan adalah energi matahari,” kata Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Nuaimi kepada AFP, Senin 3 Maret 2008 lalu.

Ali al-Nuaimi mengatakan, saat ini Arab Saudi sedang mengadakan penelitian mengenai kemungkinan negara Islam tersebut sebagai pusat penyedia tenaga matahari. Bahkan Nuaimi menargetkan Arab Saudi akan menjadi negara eksport tenaga solar terbesar pada 30 hingga 50 tahun mendatang.

“Jika kami bisa menjadi negara pengekspor minyak terbesar, maka kami juga harus mampu menjadi pengekspor energi lainnya,” tutur Nuaimi. Saat ini Arab Saudi telah memproduksi lebih 10 juta barel minyak mentah tiap hari.

Selain itu, Arab Saudi berencana berinvestasi di program pembuatan dan penyimpanan karbon untuk pengembangan teknologi yang memungkinkan ekstraksi karbon dioksida dari atmosfir dan menyimpannya dalam tanah.

Nuaimi mengklaim sudah banyak negara yang mau bekerjasama dengan Arab Saudi. Bahkan pada pertemuan di Riyadh, November 2007 lalu, anggota Gulf OPEC berhasil mengumpulkan sekira USD750 juta untuk pengembangan teknologi yang dapat menghalau global warming dengan menekankan teknologi tersebut pada penataan dan penyimpanan karbon. (afp/ozc)

Iklan

3 Tanggapan to “Arab Akan Jadi Pusat Penyedia Energi Matahari”

  1. itu suatu kemajuan yang prevek..(^_^)

  2. saya banga ama kamu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: