Ibu Menyusui Boleh Minum Alkohol

    sayangi anak kita…   ibu

KABAR baik bagi wanita Swedia, namun tidak bagi kaum muslimah. Badan Pangan Nasional Swedia memperbolehkan kaum Hawa yang sedang menyusui untuk minum alkohol. Alasannya, dengan minum alkohol sedikit tak membahayakan bayi.

Kebijakan yang dikeluarkan, Rabu 12 Maret 2008 ini, berbeda dengan rekomendasi lembaga itu sebelumnya, yang menyarankan kaum ibu yang menyusui agar tak minum alkohol. “Tak ada alasan medis untuk benar-benar abstain dari alkohol selagi menyusui,” kata Annica Sohlstroem, kepala departemen nutrisi badan tersebut.

“Jumlah alkohol yang bisa diserap anak melalui air susu ibu (ASI) adalah kecil, jika Anda minum satu atau dua gelas anggur per minggu,” jelas Annica. Rekomendasi ini didasarkan riset medis terbaru.

Meski begitu, rekomendasi ini masih harus diteruskan ke lembaga pemerintah lainnya untuk bahan pertimbangan. Badan Pangan Nasional Swedia menekankan, rekomendasi ini bukan bertujuan mendorong para ibu menyusui minum alkohol.

Lembaga yang mengawasi kualitas makanan yang dijual dan diproduksi di Swedia itu, tetap menyerukan para wanita untuk tidak meminum alkohol sama sekali selama hamil. Jadi maksud tersembunyinya apa? Alkohol laris? (afp/dtc/*)

Tinggalkan komentar