Pilot Tidur, Pesawat Pun Bablas …

           

 salah berarti petaka…

pilot1

PILOT tidur di kokpit? Inilah yang terjadi Hawaii, AS. Setelah pesawat lepas landas, pilot lantas tidur. Akibat perilaku sangat membahayakan ini, pilot dan co-pilot pun grounded.

Kasus unik dan ceroboh ini terungkap dari rekaman percakapan petugas menara pengawas di Bandara Hilo dengan pesawat dengan nomor penerbangan 1002 yang disiarkan stasiun TV KGMB, Jumat 14 Maret 2008.

Dalam rekaman itu jelas terdengar perempuan petugas menara itu berulang kali mengontak radio pilot pesawat maskapai Go! tersebut, sekitar 15 menit setelah pesawat meninggalkan Bandara Honolulu.

Pesawat itu menjalani rute antarpulau di Hawaii, AS, dari Honolulu ke Hilo, sejauh 344 km. Di dalam pesawat itu terdapat pilot dan co-pilot, seorang pramugari, dan 40 penumpang.
              

jika burung jengah… 
pesawat

Dalam rekaman tercatat sebanyak 11 kali petugas menara Hilo mengontak pilot, dan selalu tanpa jawaban. Saat ia mengontak diperkirakan pesawat berada di ketinggian 6.400 meter. Barulah setelah 32 menit berlalu, sang pilot merespon. Itu pun setelah pesawat kebablasan sejauh 24 km dari dari tujuan, Bandara Hilo.

“Penerbangan 1002, saya sudah berulang kali mengontak kamu, dan tak ada jawaban. Saya memberitahu bahwa Anda sudah nyelonong dari rute yang benar. Apakah ada yang tidak beres?” begitu kata petugas menara. “Ah, tak ada yang gawat,” jawab sang kapten pilot.

Kasus tersebut kini masih dalam penyelidikan Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS. Yang pasti, perusahaan induk maskapai Go! yang berbasis di Phoenix, Mesa Air Group, sudah memberi sanksi pilot dan co-pilot berupa grounded alias tak boleh nyetir pesawat, sampai kasusnya selesai diselidiki tuntas. (ap/kcm)

Iklan

35 Tanggapan to “Pilot Tidur, Pesawat Pun Bablas …”

  1. roestanto ginting Says:

    Ini termasuk hal yang sangat unik…………. bagaimana bisa baru 15 menit take off pilot dan co-pilot bisa bersama-sama tidur di cocpit selama 32 menit pada saat bertugas menerbangkan pesawat dengan membawa 40 penumpang. Semoga saja tidak terjadi lagi……..

  2. bagaimana semuanya panik donggggggggggggg!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! huh yang ada shock

  3. gk unik, karena pesawat dilengkapi Auto Pilot, gk ada masalah sih kalau di biarin. Cuma dimana letak tanggung jawabnya si pilot ,..itu aja.

  4. Waduh kok bisa gitu ya. mestinya kalo mau terbang, kan seharusnya tidur lebih awal sehingga waktu terbang melek terus. Tidur waktu sedang terbang membahayakan orang lain. Kalau memang ngantuk banget, bisa dong gantian sama co-pilotnya. Jangan sampai terjadi lagi, baik terbang di Indonesia maupun diluar Indonesia.

  5. eko hariyanto Says:

    indonesia punya yang lebih hebat. presidennya tidur waktu rapat

  6. fadli rosadi Says:

    gokilllllllllllll

  7. imdonesia ini sudah nggak aman naik mobil tabrakan, naik pesawat jatuh jadi yang aman naik apa,.???/

  8. jangan2 lagi nganu sama pramugarinya kali tuh.. xi xi xi

  9. that’s thank’s………

  10. semoga ni mnjdi pljran untuk setiap negara

  11. Indonesia lebih kerennya lagi pilotnya berantem sama copilotnya,

  12. Tidur teruuuuuus……dasar sopir.

  13. ah…..tuch biasa mas di indonesia malah lbh banyak mas,tuch anggota DPR byk yang tidur waktu rapat bedanya klo dsana lsg digrounded klo dsini mlh gajinya plg gueeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeedhe……

  14. ni namanya sih pilot ngawur. bisa2nya dya tidur…
    eh pas bangun bilang gk da yg gawat lagi…
    untuk aja gk nabrak tuh…
    ckckckckc….

  15. hahhahaa….
    betul banget pak eko tuch,.. ^^

  16. wawanassidiq Says:

    aku yo wis tau nyopir ro turu. padahal lg wae versneleng tak leboke papat. yo syukurlah kbeh penumpang podo slamet

  17. wah..wah…mantab kali tuh pilot

  18. muhammad iqbal Says:

    wahh ..msh untung pilot.a bangun, klw g bngn2 bs brabe jd.a ad lg yg lbih hebat peswat boeing monuver 2x hebat kn!!

  19. lebih2 DPRnya tidur puas waktu sidang dan rapat di gedung DPR
    mudah2an di azab supaya sadar

  20. wew hebat bgt presiden tidur saat rapat sapa yg bangunin itu presiden????

  21. biar gwe aj theh

  22. mana mungkin tujuan terlewati semustinya auto pilot akan menaruh pesawat ke holding pattern sampai ada kendali dari pilot. tidak mungkin terus babalas seperti hasil percobaan oleh FAA untuk sebuah kasus kecelakaan helios airways flight 552 yang dimana seluruh penumpang pilot dan premugari kekurangan oxigen hingga jatuh tidur sampai pesawat tersebut kehabisan bahanbakar

  23. he he namanya juga manusia pasti lalai juga …
    dan perlu disiplin yg lebih jelas dan tegas …
    mendingan permisi istirahat dari pada pesawat n penumpang tewas ..

  24. itu g lucu!!!!!!! indonesia lebih maju lagi.
    hukuman aja bisa d beli…………

  25. naveve vuri Says:

    dua pilot pria dan satu pramugari seksi… ngapain yach diudara??? nggak mungkin baru 15 menit terbang udah tidur….

  26. burungnya di latih ea…………………………..????????

  27. mksh y infr masiny…!

  28. Presiden tidur waktu rapat?
    Siapa? Baru denger…
    Mungkin DPR, dan pejabat lain sering banget tidur….

  29. pilotnya gelow….
    😛
    apa galau ya…

  30. lucu sekali hahahahaha……..

  31. ngantuk itu wajar,..tapi prosedur hukuman harus tetap di laksanakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: